Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Bertambahnya ilmu pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan diharapkan berdampak pada perubahan perilaku yang lebih baik serta menjadikan manusia yang berkualitas dan bermartabat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat menyambangi kegiatan Bakti Sosial 2020 Keluarga Mahasiswa Banjarnegara (Kembara) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Dusun Pekandangan, Desa Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran, bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Banjarnegara, Singgih Haryono dan Asisten Administrasi Setda Banjarnegara, Tien Sumarwati.

“Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan otak saja, lebih dari itu pendidikan juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter yang baik, budi pekerti yang luhur serta memiliki integritas,” terangnya, Kamis (9/1)

Pada kesempatan ini Wabup memberikan apresiasi kepada para mahasiswa dari Kembara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta karena secara kontinu telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Banjarnegara. Dia menilai apa yang dilakukan tersebut menjadi bagian dalam membangun kualitas sumber daya manusia di Banjarnegara dengan membagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat. Menurutnya, ilmu yang bermanfaat tidak hanya dismpan untuk diri sendiri tetapi diaplikasikan dan dibagikan kepada orang lain.

“Kegiatan ini sungguh luar biasa. Semoga warga yang di tempati bisa mengambil manfaat dan ilmu dari para mahasiswa. Harapannya, akan ada perubahan perilaku maupun pola pikir ke arah yang lebih baik di tempat ini,” katanya

Ketua Kembara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Muhammad Fikri Rosyid mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dilakukan rutin setiap tahun dan sudah kali kedelapan diselenggarakan di Kabupaten Banjarnegara.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memotivasi para orang tua dan anak-anaknya agar mau melanjutkan sekolah sampai jenjang yang lebih tinggi. Menurutnya pendidikan yang tinggi merupakan hal penting yang harus dimiliki untuk bisa meraih cita-cita yang diinginkan dan mengubah kualitas hidup agar lebih baik lagi.

“Kami ingin memberikan semangat kepada masyarakat untuk terus menuntut ilmu dan melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, khususnya untuk warga di Dusun Pekandangan ini,” ujarnya

Kegiatan bakti sosial ini berlangsung selama enam hari, dari 5-10 Januari 2020 dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti, mengajar anak-anak membaca Al quran serta membantu mereka memahami pelajaran di sekolah, bazar murah, menanam 500 bibit pohon albasia, bersih desa dan pengajian akbar.

Kepala Desa Sarwodadi, Budi Sampurno menambahkan, Dusun Pekandangan mayoritas warganya hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat SD, berbeda dengan dusun-dusun lain di wilayah desanya yang sudah banyak melanjutkan sekolah sampai perguruan tinggi. Dia berkeinginan dengan adanya para mahasiswa yang berkegiatan di dusun tersebut bisa memberikan motivasi pada warga agar mau menyekolahkan anak-anaknya sampai ke perguruan tinggi. (amar)