BANJARNEGARA – Siswa SMP N 1 Bawang Banjarnegara menggunakan cara baru dalam pemilihan Ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS), Jumat, (6/12). Sekolah yang sarat dengan prestasi ini sudah tidak lagi melakukan pemilihan secara manual dengan coblosan, tetapi mereka memilih dengan menggunakan sistem e-voting yang berbasis IT.

Seluruh siswa dan Dewan Guru memanfaatkan sistem ini untuk menyalurkan aspirasi suaranya memilih satu calon Ketua OSIS. Pada sistem ini siswa dapat melihat langsung hasilnya melalui LCD (proyektor) yang terpasang di lapangan indoor.

Sebelumnya pada hari Kamis, (5/12) telah dilaksanakan kampanye terbuka yang diikuti oleh 4 kandidat calon Ketua OSIS bertempat di lapangan indoor dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Proses pemilihan menggunakan e-voting ini adalah dalam rangka memperkenalkan kepada siswa tentang Revolusi Industri 4.0 yang saat ini tengah berlangsung.

Selain itu juga memberikan pembelajaran kepada siswa tentang makna dan pentingnya sistem demokrasi untuk sebuah pemilihan. Hanggar Prastowo, selaku koordinator kegiatan menyampaikan beberapa kelebihan yang dimiliki pada sistem e-voting, yakni pertama layanan tersebut menggunakan perangkat elektronik untuk memberikan suara. Sedangkan pada sistem konvensional masih menggunakan kertas sebagai surat suaranya. Hal ini sudah ada upaya penghematan pemakaian kertas ( paper less ). E-voting mampu melakukan pengiriman langsung dari perangkat komputer pemilihan ke komputer server. Selain itu juga dapat menghitung hasil dengan cepat dan akurat ( quick count ).

“Melalui sistem ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan manusia ( human error ) dan mendeteksi jika ditemukan rekayasa suara sedangkan tema yang diusung adalah Your Vote Your Choice, ” Suaramu Pilihanmu, ” pungkas Hanggar.*(Muji P/Dinkominfo)