(BANJARNEGARA) – Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sekolah yang sehat. Peserta didik diharapkan mampu belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis serta optimal, sehingga menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Hal tersebut disampaikan Nurul ‘Aini, SH, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Banjarnegara pada saat Rapat Koordinasi Tim Pembina UKS Kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara, Kamis (05/03) di Sasana Bhakti Praja Setda.

“Secara khusus UKS merupakan proses mendidik dan mengembangkan potensi peserta didik melalui proses pendidikan yang menghasilkan perubahan-perubahan yang permanen didalam kebiasaan tingkah laku, pikiran dan sikap” katanya.

Menurutnya pelaksanaan UKS diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) peserta didik.

“Selain itu peserta didik diharapkan juga memiliki keterampilan sosial yang baik serta mampu menciptakan lingkungan yg sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis”

dr. Sulistyowati, M.Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara mengatakan Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah, dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.

“Dalam rangka mendukung progran UKS tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara melaksanakan kegiatan rapat koordinasi TP UKS Kecamatan se-kabupaten Banjarnegara” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 105 peserta, mereka terdiri dari TP UKS Kabupaten sebanyak 25 Orang dan TP UKS Kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara sebanyak 80 orang yang terdiri dari Camat, Pendais, Kepala UPTD Puskesmas dan Koordinator Wilayah Dindikpora Kecamatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi anak usia sekolah, remaja dan masyarakat sekolah lainnya” katanya.

Menurutnya kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana untuk menyusun strategi pelaksanaan program UKS di masing-masing kecamatan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan fungsi manajerial TP UKS di wilayah masing-masing serta meningkatkan kelembagaan TP UKS Kecamatan dalam melaksanakan Trias UKS” katanya. ***** (Sudin)