Banjarnegara – Sabtu (11/1/2020), SD N 1 Krandegan Banjarnegara atau yang populer dengan sebutan “Gansabara” menggelar puncak peringatan ulang tahun sekolah yang Ke-74. Perayaan itu ditandai pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah, yang diserahkan kepada ketua Komite dan Korwil Dindikpora Kabupaten Banjarnegara, dilanjutkan dengan pelepasan balon cita-cita oleh seluruh siswa.

Ribuan orang nampak larut dalam kemeriahan tersebut, antara lain : siswa/siswi SD Negeri 1 Krandegan dari 6 tingkatan dan 18 rombel, para guru dan karyawan, Wali murid dan keluarganya, alumni (Sekolah Rakyat Kembang Kantil SD 1 dan 2 Krandegan), mantan Kepala Sekolah, guru, dan karyawan pendahulu serta masyarakat umum yang hadir. Kepala sekolah Yoeni Ambarwati, S. Pd, menerangkan, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT sekolah, sejak 2 hari sebelumnya.

Antara lain pada Hari Jum’at (10/01/2020) : Lomba Mewarnai antar TK se- Kecamatan Banjarnegara, Gelar Ceria Gansabara (Pentas Seni Peserta Didik SD Negeri 1 Krandegan). Dan pada Sabtu (11/01/2020) menjadi Puncak Acara Peringatan Hari Lahir Sekolah), antara lain : Lomba Karnaval, Lomba Tumpeng antar Kelas, Penampilan Marching Band Gansabara, pemotongan tumpeng,dan pelepasan balon oleh 525 siswa dan 74 balon cita-cita Gansabara.

Adapun untuk tema Peringatan Hari Lahir SD Negeri 1 Krandegan tahun ini adalah “Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Sosial, Kebudayaan dan Keterampilan Menuju Abad 4.0.”

“Tema kita selaraskan dengan isu kekinian yang sedang digalakkan pemerintah yakni pembangunan karakter dan penguasaan teknologi. Sekolah kami mendukung semboyan Pak Menteri tentang belajar kreatif,” imbuh Ibu Ambar.

Yoeni Ambarwati menjelaskan, pihak sekolah mengundang alumni dan orang tua wali dengan maksud menjalin tali silaturokhim keluarga besar SD Negeri 1 Krandegan, serta memberi pembelajaran pentingnya sejarah bagi keluarga besar SD Negeri 1 Krandegan baik guru, siswa maupun wali murid.

“Kami juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada para pendiri, guru, alumni, dan seluruh pendahulu yang telah membesarkan SD Negeri 1 Krandegan,” ungkap Ambar.

Spektakuler , sementara itu ketua komite sekolah, Eddy Joko Purnomo menjelaskan, rangkaian acara berjalan mulus dan meriah. Untuk beberapa pentas malah melebihi ekspektasi.

“Alhamdulillah untuk lomba drum band sangat meriah baik peserta maupun suporternya, bahkan lebih meriah dari tingkat kabupaten,” kata salah Eddy Joko.

“Pada sesi ini kami juga mengadakan Tukar kado antar siswa, Guru dan Tenaga kependidikan. Untuk menjalin keakraban dan sebagai tanda perhatian pada orang yang kita hormati,” ujarnya.

Pada puncak acara tersebut ditampilkan berbagai aksi dan kreativitas siswa antara lain : peragaan karate, pencak silat, pantomim, aneka tari, serta lagu dan puisi. Celent, siswi kelas VI mengaku sangat gembira bisa tampil pada acara tersebut.

“Pastinya sangat senang bisa menunjukkan prestasi di hadapan kepala sekolah, guru dan bapak bapak kepala dinas,” ujar Celent dengan riangnya. *(Muji P/Dinkominfo)*