21 November 2025 Jam 15:05

Terobos Medan Berliku, Relawan PMI Distribusikan Bantuan Logistik Untuk Korban Longsor Situkung

BANJARNEGARA – Relawan PMI Banjarnegara terus bergerak melakukan pelayanan kepada korban terdampak dan pengungsi bersama pos komando tanggap darurat bencana.

 

Tim distribusi bantuan langsung menerobos titik-titik penungsi yang tersebar di banyak lokasi rumah-rumah warga hingga keluar wilayah kecamatan Pandanarum.

 

Wakil koordinator pos lapangan PMI Banjarnegara Adhe Benny Araneta mengatakan, distribusi bantuan logistik dilakukan dengan mengacu pada hasil data valid assessment dan telah divalidasi oleh pos komando.

 

“Untuk kebutuhan logistik bagi pengungsi diluar shelter kami dorong beberapa item barang kebutuhan dasar bahan makanan mentah untuk kebutuhan beberapa hari kedepan,” ujarnya.

 

Lebih jauh Adhe menjelaskan, titik-titik lokasi yang tersebar dan akses medan yang terjal serta kondisi cuaca menjadi tantangan tersendiri bagi relawan.

 

“Kami memastikan, data kebutuhan dasar berupa bahan makanan untuk para pengungsi dapat terpenuhi dengan baik,” tandasnya.

 

Pihaknya juga menjelaskan, selain bahan makanan kebutuhan lainya juga terus didorong untuk mencukupi kebutuhan pengungsi dengan pusat komando satu pintu dibawah koordinasi BNPB.

 

“Distribusi makanan juga setiap hari terus dilakukan oleh tim PMI ke seluruh pos pengungsian komunal dan pos-pos relawan pendukung dalam masa tanggap darurat bencana,” pungkasnya.

 

Sementara itu humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai mengatakan, sesuai petunjuk dan instruksi Bupati hari ini tim assesment PMI diharapkan kembali bergerak dan melakukan validasi data.

 

“Validasi data pengungsi sangat penting karena menjadi rujukan semua pelayanan bagi pengungsi baik logistik, dapur umum, kesehatan, dan layanan pendukung lainya,” ungkapnya.

 

Alwan menjelaskan, data valid hasil assessment diharapkan satu pintu dan dapat dikunci sehingga tidak tumpeng tindih serta menjadi rujukan untuk dapat disajikan oleh posko komando.

 

“Kami berharap proses validasi data dapat kami rampungkan secepatnya sehingga pelayanan maksimal dapat diberikan secara terpadu oleh seluruh pos pelayanan,” pungkasnya. **Alw

[supsystic-social-sharing id='1']

Artikel Terkait…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *